Customer Service 1

085329990001 / 085726726001

infopusat@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

Customer Service 2

085329990002 / 085726726002

infopusat2@gmail.com

Yahoo! Messenger

Pengalaman Keluar Dari Tubuh

Mungkin Anda pernah mendengar berita adanya orang yang mengaku bisa keluar dari tubuhnya sendiri. Mereka merasa dirinya melayang-layang di udara dan melihat tubuhnya sendiri yang sedang terbaring di tempat tidur. Kadang bahkan ada yang melaporkan berada disebuah tempat yang berbeda dengan tempat tubuh fisiknya berada. Mereka mengaku pergi ke dan melihat tempat X, padahal tubuh fisiknya ada di tempat Y.

Pengalaman keluar dari tubuh (out-of-body experience) dikategorikan sebagai fenomena psi. Hanya saja, hal tersebut belum menjadi kajian utama dalam parapsikologi sampai saat ini. Bahkan banyak psikolog mengklaim bahwa pengalaman keluar tubuh itu bukanlah fenomena psi. Hal tersebut hanyalah salah satu bentuk halusinasi belaka.

Sebuah penelitian menarik pada tahun 70-an dilakukan oleh Dr. Robert Morris terhadap Keith Harary dan kucingnya. Harary berada disebuah ruangan, dan kucingnya dimasukkan ke dalam sebuah kAndang di ruangan lain. Oleh karena terpisah dengan tuannya dan dikAndang pula, sang kucing menunjukkan perilaku agitatif. Secara terus menerus, kucing itu direkam. Harary lalu diminta untuk memproyeksikan kesadarannya ke dalam kAndang kucingnya itu diruangan lain. Hasilnya, gerakan agitatif sang kucing menurun ketika Harary diminta memproyeksikan kesadarannya ke dalam kAndang. Hasil tersebut konsisten selama beberapa waktu. Meskipun masih menimbulkan perdebatan, penelitian itu agaknya sedikit membuktikan bahwa pengalaman keluar dari tubuh adalah nyata ada.

Pengalaman keluar tubuh bisa dibedakan setidaknya dalam dua kategori besar, yakni eksomatik (Anda melihat tubuh Anda sendiri) dan asomatik (Anda merasa diri Anda tanpa tubuh, dan merasa bahwa tubuh fisik Anda sama sekali tak berdaya untuk melihat atau mendengar apapun yang biasanya bisa dlihat dan didengar). Keduanya umum dilaporkan orang.

Terkait pengalaman keluar dari tubuh, ada konsep yang disebut tubuh astral, yakni replika diri yang dapat memisahkan diri dari tubuh fisik secara temporer. Seolah-olah, tubuh astral adalah jiwa yang memberi kehidupan kepada tubuh fisik. Oleh karena itu jika tubuh astral memisahkan diri dari tubuh fisik secara permanen, maka disebut kematian.

Selain tubuh astral ada juga konsep doppelganger, yakni kembaran yang mendampingi hidup seseorang. Dalam film, dengan judul yang sama, yang dibintangi Drew Barrymore, kembaran itu digambarkan memiliki sifat berkebalikan dengan yang asli. Jika yang asli jahat, maka kembarannya baik. Jika yang asli baik, maka kembarannya jahat. Secara populer banyak film yang mengisahkan hal demikian itu.