Customer Service 1

085329990001 / 085726726001

infopusat@gmail.com

Yahoo! Messenger

 

Customer Service 2

085329990002 / 085726726002

infopusat2@gmail.com

Yahoo! Messenger

Emosi Dan Kehidupan Sosial

  • Emosi Sebagai Barometer Hubungan Sosial

    Apa yang Anda rasakan saat berhubungan dengan seseorang, itulah barometer Anda dalam menilai apakah Anda cukup dekat orang itu atau tidak. Anda membedakan orang lain sebagai teman sejati, teman dekat, teman biasa, teman jauh, berdasarkan perasaan yang Anda alami. Anda akan memiliki perasaan paling dekat terhadap teman sejati Anda.

  • Emosi Dan Moralitas

    Pada bab 4 telah disinggung mengenai emosi malu sebagai penjaga nilai moral. Adanya rasa malu melanggar nilai-nilai moral pada anggota masyarakat akan menjamin tetap tegaknya nilai-nilai moral itu. Begitu juga perasaan bersalah berperan dalam menjaga agar suatu nilai moral tertentu tidak dilanggar sekaligus melakukan kompensasi jika dilanggar.

  • Emosi Dan Seksualitas

    Dorongan seksual yang dipicu oleh perasaan nikmat dan ketertarikan bisa mendominasi pikiran dan tindakan. Jika sudah berhasrat, seseorang bisa pendek pikiran. Apapun dilakukan demi memenuhinya. Tidak jarang orang mau melakukan tindakan beresiko, seperti melakukan pemerkosaan, pergi ke tempat pelacuran atau mengundang pelacur.

  • Emosi Dan Gender

    Sebelum membahas lebih jauh, mula-mula harus dibedakan antara perbedaan seks dan perbedaan gender. Perbedaan seks adalah perbedaan yang ditentukan secara biologis. Misalnya dalam fungsi seksual. Adapun perbedaan gender adalah perbedaan antara laki-laki dan perempuan yang ditentukan oleh faktor budaya dan psikologis.

  • Emosi Dan Spiritualitas

    Emosi sudah tentu memainkan peran dalam spiritualitas. Perasaan terhubung dengan sesuatu yang transenden, yang disebut Tuhan, memainkan banyak dimensi emosi. Perasaan terhubung itu juga merupakan sejenis emosi tersendiri. Sepertinya ada campuran antara rasa takut, sayang, bahagia, dan rendah diri.

  • Emosi Di Tempat Kerja

    Apa jadinya jika diantara rekan-rekan terjadi perasaan tidak saling suka? Kerja tidak akan maksimal. Jika tidak ada rasa saling percaya, sulit akan melakukan kerjasama yang baik. Sebaliknya jika muncul rasa percaya antara rekan-rekan kerja, maka bisa muncul kerjasama yang membuat pekerjaan akan lebih berhasil.

  • Emosi Di Bidang Seni

    Seni adalah ungkapan kehidupan yang oleh karenanya menjadi wajar jika umumnya seni merupakan ekspresi dari emosi. Sekurang-kurangnya ada ungkapan emosi di sana. Terentang dari mulai seni tulisan, musik, drama, dan seni rupa, semuanya menampilkan emosi. Banyak cerita-cerita, musik-musik, film-film dan lukisan-lukisan yang menerangkan bagaimana emosi dialami dan terjadi pada diri manusia.